Media Pembelajaran Bingo untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Keywords:
Media Pembelajaran Bingo, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran bingo dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan 31 siswa kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 2 Barru, Sulawesi Selatan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media bingo mampu meningkatkan tiga aspek utama motivasi belajar siswa, yaitu perhatian, keterlibatan, dan dorongan. Siswa yang sebelumnya pasif menjadi lebih antusias, aktif berdiskusi, serta bersemangat mengikuti pembelajaran. Temuan ini mendukung teori behavioristik dan konsep game-based learning, bahwa integrasi permainan dalam pembelajaran dapat memicu motivasi afektif maupun kognitif. Penelitian ini merekomendasikan guru untuk memanfaatkan media inovatif berbasis permainan guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sekaligus bermakna.
Downloads
References
Andriani, F. N., & Amirudin, N. (2022). Peningkatan motivasi belajar PAI siswa kelas 2 melalui media pembelajaran interaktif Wordwall. TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/TARLIM/article/view/3801
Debi, D., & Widiyasari, R. (2025). Pengaruh model game-based learning berbantuan Kahoot terhadap motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/7661
Dimas Purnomo, M. A., Marta, G., & Gusmaneli. (2025). Pemanfaatan media interaktif dalam strategi pembelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (JUPENDIS). https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JUPENDIS/article/view/3237
Letizia, R. (2025). Motivasi dan tantangan guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran interaktif. Khidmat: Jurnal Teknologi Pendidikan. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/khidmat/article/view/1501
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.
Palupi, S. R., & Suaedi, H. (2025). Model pembelajaran berbasis game-based learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan memfasilitasi pembelajaran aktif siswa kelas XI SMA Negeri 5 Jember pada materi unsur intrinsik cerita pendek. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/26922
Pulungan, R. N., Sartika, D., & Hasugian, A. (2024). Pengaruh pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa MTsS Darul Mursyid Tapanuli Selatan. MIND: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Budaya. https://jurnal.radisi.or.id/index.php/JurnalMIND/article/view/518
Ramadina, A. S. (2023). Penerapan game based learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 9 Malang. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/31470
Sari, K. (2017). Penggunaan media Bingo untuk meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Prancis siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(2), 45–53.
Septia Ningsih, F., & Munawir. (2025). Implementasi media pembelajaran interaktif dalam menunjang pemahaman siswa MI di era Society 5.0. Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/am/article/view/9321
Septianing, I., Melati, L., Cantika, N. D., & Destiani, W. (2025). Pengaruh penerapan game based learning terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/Khatulistiwa/article/view/2722
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Alfabeta.
Tilaar, H. A. R. (2012). Perubahan sosial dan pendidikan: Pengantar pedagogik transformatif untuk Indonesia. Grasindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 RUSMAN , IMRAN SAPUTRA , MUHAEMIN , FIRDA (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





