Profesionalisme Guru dalam Implementasi Administrasi Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • LILIS SUGANDA Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Author
  • MUHAEMIN Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Author
  • IMRAN SAPUTRA Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Author
  • MUHAMMAD SYUKUR ISLAMI Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Author

Keywords:

Administrasi, Aqidah Akhlaq, Profesionalisme Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profesionalisme guru dalam mengimplementasikan administrasi pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Akidah Akhlak telah menunjukkan profesionalisme melalui kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi perangkat pembelajaran secara sistematis. Administrasi pembelajaran tidak hanya disusun sebagai formalitas, tetapi digunakan sebagai pedoman dalam proses belajar mengajar. Faktor pendukung profesionalisme guru meliputi pelatihan, bimbingan kepala madrasah, dan lingkungan sekolah yang kondusif, sementara faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu, sarana prasarana, dan kemampuan penggunaan teknologi. Penelitian ini menegaskan bahwa administrasi pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pembentukan karakter Islami siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Y. (2020). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ta’dibuna, 9(1), 67–82.

https://ejournal.stiblambangan.ac.id/index.php/momentum/article/view/23

Arsyad, S. A. (2021). Profesionalisme Guru dan Faktor Pendukungnya dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Islam. Jurnal Edukasia Islamika, 9(1), 33–45.

Chatib, M. (2016). Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Kaifa.

Fathurrohman, P. (2017). Budaya Religius dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(2), 101–112.

Kunandar. (2015). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Rajawali Pers.

Majid, A. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Alfabeta.

Nuryana, Z., & Rahman, A. (2019). Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. LPPM UAD.

https://eprints.uad.ac.id/76903/1/1.1%20BukuPendidikanIslamerarevolusiindustri_LPPM.pdf

Qodir, Z. (2021). Penguatan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan Islam, 5(1), 22–34.

RI, D. A. (2010). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Salmiati, & Septiawanyah, R. (2019). Administrasi Pendidikan dalam Perspektif Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 145–156.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tilaar, H. A. R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Remaja Rosdakarya.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Wibowo, S. B. (2020). Implementasi Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 88–99.

Downloads

Published

2025-10-05