Penerapan Model Pembelajaran Make and Match untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Keywords:
Make and Match, , minat belajar, , SKI, model pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model pembelajaran Make and Match dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VII MTs Muhammadiyah Ele. Permasalahan yang dikaji meliputi penerapan model pembelajaran Make and Match serta faktor pendukung dan penghambat dalam prosesnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data guru, kepala sekolah, serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Make and Match menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan interaktif. Peserta didik menjadi lebih antusias, mudah memahami materi, serta berpartisipasi aktif. Keberhasilan didukung oleh kreativitas guru, keterlibatan siswa, dan media pembelajaran, sementara hambatan meliputi keterbatasan waktu dan sarana. Dengan demikian, model Make and Match terbukti mampu meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI.
Downloads
References
Alfara, U., Harahap, M. S., & Gunawan, C. (2025). Penerapan Metode Make a Match dalam Materi SKI pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tanah Luas Aceh Utara. Tashdiq: Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah, 17(1). https://ejournal.cahayailmubangsa.institute/index.php/tashdiq/article/view/6602
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Nurmala, S. (2024). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match pada Pembelajaran IPS. Jurnal Inventa. https://jurnal.unipasby.ac.id/jurnal_inventa/article/download/8825/5403
Saputri, I. B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran SKI di SMP NU Assalam Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 [Skripsi, IAIN Kudus]. https://repository.iainkudus.ac.id/2417/
Saputri, I. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran SKI di SMP NU Assalam Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 [Skripsi, IAIN Kudus]. https://repository.iainkudus.ac.id/2417/
Setiawan, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran SKI pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Hadimulyo Metro Tahun Pelajaran 2016/2017 [Skripsi, IAIN Metro]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1919/1/ARIS%20SETIAWAN%20-%2013104965.pdf
Sugiyono. (2023). Triangulasi Metoda Penelitian Kualitatif. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/387399321_Triangulasi_Metoda_Penelitian_Kualitatif
Tahmid. (2019). Implementasi metode pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan prestasi belajar pada Mata Pelajaran SKI pokok bahasan masa dewasa Nabi Muhammad SAW. Kelas III di MI Islamiyah Kambangan Kecamatan Blado Kabupaten Batang [Skripsi, IAIN Pekalongan]. https://etheses.uingusdur.ac.id/796/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 HASNAWATI , MUHAMMAD SHALEH , MUHAEMIN , RUSMAN (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





