Tradisi Massiara Kebburu dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam di Desa Lalabata, Barru
Keywords:
budaya lokal, Massiara Kebburu, pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pandangan pendidikan Islam terhadap tradisi Massiara Kebburu ke makam Petta Pallase Lase’e di Desa Lalabata, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru. Tradisi ini bukan hanya ritual budaya, tetapi juga memuat nilai-nilai edukatif yang relevan dengan pendidikan Islam, seperti tauhid, moral, sosial, dan spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap tokoh agama, tokoh masyarakat, aparat desa, dan warga setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Massiara Kebburu berfungsi sebagai media pendidikan nonformal yang menumbuhkan kesadaran spiritual, etika sosial, serta solidaritas komunitas. Tradisi ini juga memperkuat pewarisan nilai keislaman kepada generasi muda melalui pengalaman religius dan sosial yang nyata. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa integrasi pendidikan Islam dengan budaya lokal dapat memperkaya model pembelajaran kontekstual yang berakar pada kearifan masyarakat.
Downloads
References
Arifin, S. (2020). Pola Perubahan Ziarah Makam sebagai Arena Sosial. At-Taqaddum: Journal of Islamic Studies. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/6354
Asrin, A. (2022). Islamic Education in Non Formal Institutions: The Role of Majelis Taklim Based on Indonesian Local Wisdom. Fitrah: Journal of Islamic Education. https://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah/article/view/1081
Damanhuri, Roibin, & Jamilah. (2024). Dimensions of Spiritual Education in The Tradition of Grave Pilgrimage in Javanese Muslim Society. Al-Hayat: Journal of Islamic Education. https://ejournal.alhayat.or.id/index.php/ajie/article/view/61
Maideja, Sukri, & Rahma Sari, I. (2022). Integration of Local Cultural Values in Forming Student Morale in Learning Islamic Religious Education in Junior High Schools. International Journal of Multicultural and Religious Understanding. https://ijmurhica.ppj.unp.ac.id/index.php/ijmurhica/article/view/108
Nurainun, & Effendi, M. R. (2023). The Tradition of the Pilgrimage to the Tomb of Mbah Priok in North Jakarta, Indonesia: A Socio-Economic Study from a Religious Perspective. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/hayula/article/view/41532
Pranajaya, S. A., & al., et. (2023). Integration of Cognitive, Affective, and Psychomotor Domain Scoring in Islamic Religious Education. Education Journal Sinergi. https://journal.sinergi.or.id/index.php/Education/article/view/106
Taufikin. (2023). Integrating Local Wisdom in Transformative Islamic Education: A Sustainable Model for Character Development at Madrasah Aliyah. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/misykat/article/view/2663
Ulfah, O., Ananda, F., & Inayah, F. (2021). Analysis of the Values of Islamic Education in the Pilgrimage Tradition of the Tomb of Inyiak Kiramaik Among Indonesian Islamic Communities. International Journal of Multicultural and Religious Understanding. https://ijmurhica.ppj.unp.ac.id/index.php/ijmurhica/article/view/105
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 RUSMAN , ISMAIL HANNANONG , MUHAEMIN , KARMILA (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





