Model Pendidikan Karakter Berbasis Religiusitas di Madrasah: Tinjauan dari Perspektif Pendidikan dan Studi Islam

Penulis

  • MUHAMMAD SHALEH Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis
  • RUSMAN Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis
  • IMRAN SAPUTRA Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis
  • MEGAWATI Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis

Kata Kunci:

pembiasaan religius, pendidikan karakter, nilai religiusitas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembiasaan religius dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah At-Taufiq Lisu, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan religius, seperti shalat dhuha berjamaah, tadarus Al-Qur’an, doa bersama, dan kultum, telah menjadi bagian integral dari kegiatan madrasah dan berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, serta kesantunan siswa. Faktor pendukung utama keberhasilan program ini adalah keteladanan guru, budaya sekolah yang religius, serta keterlibatan aktif seluruh warga madrasah. Namun, terdapat hambatan berupa kurangnya kesadaran sebagian siswa dan pengaruh lingkungan luar sekolah. Penelitian ini menegaskan bahwa pembiasaan religius merupakan strategi efektif dalam pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam yang dapat memperkuat moralitas dan spiritualitas peserta didik.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Basri, H., Suhartini, A., & Nurhikmah, S. (2023). Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan di MA Miftahul Ulum Kabupaten Purwakarta. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/4269

Haidir, H., Baniah, S., Tarmizi, M., & Hasibuan, A. (2022). Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan (Tahfiz) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Jurnal Diversita, 8(1). https://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/view/4886

Hariyani, D., & Rafik, A. (2022). Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius di Madrasah. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://al-adabiyah.uinkhas.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/72

Maulana, I., Toharudin, M., & Yuliyanti, N. (2022). Program Pembiasaan Religius dalam Menumbuhkan Karakter Religi Siswa SD Muhammadiyah Ketanggungan. Jurnal Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/31091

Pratiwi, I., & Agustia, N. R. (2023). Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Swasta Farhan Syarif Hidayah Kecamatan Sunggal. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/article/view/819

Rahayu, F. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Suasana Keagamaan di Lingkungan MTs Nurani Kota Bogor. An-Nur: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Islam. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/download/1074/642/2901

Rusandi, & Rusli, M. (2022). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial. https://www.researchgate.net/publication/359345964_Merancang_Penelitian_Kualitatif_DasarDeskriptif_dan_Studi_Kasus

Saidah, J., & Falah, M. S. (2023). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Budaya Religius di MTs Al Mujahidin. Jurnal Pendidikan Madrasah. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/view/6761

Sari, D. H. (2021). Triangulasi Metoda Penelitian Kualitatif. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Metodologi. https://www.researchgate.net/publication/387399321_Triangulasi_Metoda_Penelitian_Kualitatif

Diterbitkan

2025-10-06