Integrasi Nilai Iman dan Taqwa dalam Pembelajaran sebagai Upaya Pembentukan Kepribadian Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Ele

Penulis

  • Musfira STAI Al Gazali Barru Penulis
  • MUHAEMIN Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis
  • IMRAN SAPUTRA Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis
  • MUSFIRA Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis

Kata Kunci:

Iman, Taqwa, Pembentukan Karakter, Pendidikan Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran nilai iman dan takwa (IMTAQ) dalam pembentukan kepribadian peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Ele. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai IMTAQ dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler berkontribusi signifikan terhadap pembentukan karakter religius siswa. Guru berperan sebagai teladan utama dalam menanamkan nilai keimanan dan ketakwaan melalui pembelajaran dan pembiasaan yang konsisten. Penerapan nilai IMTAQ terbukti menumbuhkan sikap disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian sosial di kalangan peserta didik. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendidikan berbasis spiritual dalam membentuk kepribadian yang utuh, serta mendorong kolaborasi antara sekolah, guru, dan orang tua dalam memperkuat nilai-nilai religius siswa secara berkelanjutan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Aisyah, S. (2020). Penanaman nilai religius melalui pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 45–56.

Al-Ghazali, A. H. (n.d.). Ihya’ ‘Ulum al-Din. Dar al-Fikr.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice-Hall.

Hamid, A. (2019). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 134–147.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books. https://archive.org/details/educatingforcharacter

Majid, A. (2017). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Naim, N. (2012). Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Ar-Ruzz Media.

Nurhalisa. (2021). Pengaruh pembelajaran berbasis iman dan taqwa terhadap karakter religius peserta didik. Jurnal Al-Tarbawi, 13(2), 201–213.

Rahmawati, N. (2022). Internalisasi nilai-nilai religius dalam pembelajaran PAI di sekolah dasar. Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 234–245.

Sari, I. (2021). Pembinaan karakter religius di MTs Negeri Makassar. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 6(1), 89–101.

Sugiyono. (2018). Pendekatan kualitatif dalam penelitian pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 123–135.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana.

Diterbitkan

2025-10-06