Telaah Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di Madrasah

Penulis

  • Arif Muzayin Shofwan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Penulis
  • FUAD NGAINUL YAQIN Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Penulis

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, Multikultural, Inklusif, Toleran, Madrasah

Abstrak

Pendidikan Agama Islam merupakan sarana strategis untuk menanamkan nilai-nilai multikultural kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi kepustakaan untuk mengungkap nilai-nilai pendidikan Islam berbasis multikultural yang telah diterapkan di madrasah. Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi, dengan memilah informasi yang relevan terhadap fokus penelitian. Hasil kajian ini mengidentifikasi sejumlah nilai multikultural dalam ajaran Islam yang dapat diimplementasikan dalam pendidikan madrasah, antara lain: nilai kebersamaan dan saling mengenal (QS. al-Hujurat:13); kelemahlembutan (QS. Ali Imran:159); kesatuan sosial (QS. al-Anbiya:92, al-Baqarah:213, al-Maidah:2); toleransi (QS. al-Baqarah:256, al-Kafirun:6, Yunus:99); saling menghormati dan kerja sama (QS. asy-Syura:15); progresif (QS. ar-Ra’d:11, al-Maidah:104); persaudaraan (QS. al-Hujurat:10, Ali Imran:195, HR. Bukhari-Muslim); kemanusiaan (QS. al-Baqarah:279, al-Hujurat:11); demokratis (QS. asy-Syura:38, Ali Imran:159); debat yang baik (QS. al-Ankabut:46, an-Nahl:125); kreativitas (QS. al-Baqarah:148); cinta tanah air (QS. Hud:117); dan keadilan (QS. an-Nisa:135).

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Al- Nahlawy, Abdurrahman. Ushul at- Tarbiyah Islamiyah wa Ushuliha. Beirut: Darul Fikr, 1989.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial Format-format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press, 2001.

Daradjat, Zakiah, 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Angkasa.

Farantika F, Shofwan AM, Azizah L. The Significance of the Values of Multicultural Islamic Education in the al-Quran and al-Hadith. Proceedings of the International Seminar on Business, Education and Science, 2022. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ip/article/view/2496

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

Mahfud, Choirul. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara, 1999.

Naim, Ngainun dan Achmad Sauqi. Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media Group, 2008.

Nazir, Moh. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.

Pascasarjana UMM. Pedoman Penulisan Artikel Ilmiah, Tesis & Disertasi. Malang: PPS Universitas Muhammadiyah Malang, 2014.

Riwayadi, Susilo dan Suci Nur Anisyah. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Sinar Terang, 2009.

Shofwan AM, Farantika D, Solikah R. Implementation of Multicultural Islamic Education Values in Indonesia. Proceedings of the International Seminar on Business, Education and Science, 2022. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ip/article/view/2485

Shofwan AM. Internalization of Multicultural Islamic Religious Education at the Bustanul Mutaallimin Dawuhan Islamic Boarding School, Blitar City. SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, Vol. 3, No. 3, 2023. https://doi.org/10.28926/sinda.v3i3.1107

Shofwan AM. Membahas Pengembangan Pendidikan Agama Islam Multikultural di Madrasah dan Sekolah Umum. Akademika, Jurnal Pendidikan dan Keagamaan, Vol. 12, No. 1, 2021. https://journal.imamghozali.id/index.php/akademika/article/view/2

Shofwan AM. Pendidikan Agama Islam Multikultural untuk Indonesia. Makalah, disampaikan di Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang, tanggal 3 September 2015.

Shofwan, AM. Penanaman Nilai Pendidikan Islam Multikultural Melalui Mata Pelajaran Aswaja dan Ke-NU-an. Madaniyah, Vol. 12, No. 2, 2021. https://www.neliti.com/publications/504633/penanaman-nilai-pendidikan-islam-multikultural-melalui-mata-pelajaran-aswaja-dan

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarda, 1991.

Tim Penterjemah Al-Qur’an Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: Depag RI, 1995.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.

Diterbitkan

2025-10-02