Peran Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah
Kata Kunci:
komunikasi guru, motivasi belajar, semangat belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis peran komunikasi guru dalam meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah DDI Watu, Kabupaten Barru. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap kepala madrasah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi guru sangat penting dalam membentuk iklim belajar yang positif. Penggunaan komunikasi empatik, bahasa yang adaptif, dan perhatian personal terbukti meningkatkan rasa percaya diri serta partisipasi siswa. Guru yang menggunakan humor edukatif, memberikan apresiasi, dan membuka ruang dialog efektif dalam menumbuhkan semangat belajar, baik secara individu maupun kelompok. Temuan ini menegaskan bahwa komunikasi guru tidak hanya berfungsi sebagai alat penyampaian informasi, tetapi juga sebagai mekanisme motivasional yang efektif dalam mendorong keterlibatan siswa. Oleh karena itu, keterampilan komunikasi menjadi aspek kunci dalam strategi pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan motivasi belajar di lingkungan madrasah.
Unduhan
Referensi
Arif, E., Hubeis, A. V. S., Ginting Sugihen, B., & Saleh, A. (2021). Strategi komunikasi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Teknodik, 25(2), 134–148. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/109
Arif, E., Vitayala, A., Hubeis, B., Ginting Sugihen, N. P., & Saleh, A. (2022). Strategi komunikasi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Teknodik. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/109
Harahap, A. H. J., Akmaliah, H., & Lubis, R. H. (2023). Komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi belajar siswa di Sekolah MTs Al Washliyah Titi Merah. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 4(2), 89–101. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir/article/view/1605
Junaidin, & Firdaus. (2023). Komunikasi interpersonal guru dengan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus di SLB Kartika Sari Rontu. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. https://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/551
Kurniawan, M. (2020). Analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/meykurniawan/556c450057937332048b456c/analisis-data-kualitatif-miles-dan-hubermen
Marehan, E. F. (2021). Model komunikasi guru dalam meningkatkan motivasi belajar. Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://ojs.stisipolp12.ac.id/index.php/jik/article/view/9
Maulia, S. (2022). Peran komunikasi efektif guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar (SD). Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2310
Maulia, S. (2023). Peran komunikasi efektif guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar (SD). Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 45–56. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2310
Muhtadin. (2022). Pengaruh komunikasi guru dan budaya sekolah terhadap motivasi belajar siswa SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali. Dialektika Komunika: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah. https://ejournal.unis.ac.id/index.php/DK/article/view/558
Nasikin, A. (2021). Pengembangan nilai nilai pedagogis di sekolah berbasis asrama (Studi kasus di SMP Islam Cendekia Cianjur – Boarding School). Universitas Pendidikan Indonesia Repository. https://repository.upi.edu/60661/4/T_PGK_1803529_Chapter%20III.pdf
Ningrum, D. A. (2023). Pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Statement: Media Informasi Sosial dan Pendidikan. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/340
Nisa, K., & Sujarwo. (2021). Efektivitas komunikasi guru terhadap motivasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/534
Researcher, U. P. I. (2023). Pola pembinaan anak bermasalah hukum (ABH) dalam menyiapkan kemampuan reintegrasi sosial (Studi kasus di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia Repository. https://repository.upi.edu/109820/4/S_SOS_1704380_Chapter3.pdf
Simbolon, C. D. O., Sihombing, L. N., & Sijabat, D. (2022). Hubungan komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 091488 Bahsampuran. Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra). https://www.ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3112
Sungkar, L., Jannati, Z., & Fitri, H. U. (2023). Pola komunikasi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang mengalami Down Syndrome di SLB YPAC Palembang. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam. https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/j-kis/article/view/1297
Wiradana, K. A., Parmiti, D. P., & Astawan, I. G. (2021). Komunikasi guru dan hubungannya dengan motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Indonesian Journal of Instruction. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/31114
Wiradana, K. A., Parmiti, D. P., & Astawan, I. G. (2022). Komunikasi guru dan hubungannya dengan motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(2), 101–112. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/31114
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 MUHAMMAD SHALEH, MUHAEMIN , ISMAIL HANNANONG , ISMAYANTI (Author)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





