Pendidikan Nilai dalam Kearifan Lokal: Studi Kasus Tradisi Ma’buang Awu di Dusun Waruwue Kabupaten Barru

Penulis

  • Isti Uci STAI AL GAZALI BARRU Penulis
  • MUHAMMAD SHALEH Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis
  • RUSMAN Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis
  • IMRAN SAPUTRA Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis

Kata Kunci:

Ma’buang Awu, Pendidikan Islam, Kearifan Lokal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengungkap nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi Ma’buang Awu di Dusun Waruwue, Kabupaten Barru. Tradisi ini merupakan bentuk ungkapan syukur atas kelahiran anak yang diwariskan secara turun-temurun dan sarat dengan nilai spiritual serta sosial. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi Ma’buang Awu mengandung nilai keimanan, akhlak, dan sosial seperti rasa syukur, keikhlasan, gotong royong, dan kebersamaan. Nilai-nilai tersebut berperan penting dalam pembentukan karakter religius dan sosial masyarakat. Meskipun terdapat pergeseran praktik akibat pengaruh modernisasi dan pemahaman syariat, tradisi ini tetap relevan sebagai media pendidikan Islam berbasis kearifan lokal yang harmonis antara adat dan agama.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Afiah, N. (2022). Students’ Reflective Thinking on Teachers’ Feedback at Ma’had Al Jamiah Program in IAI DDI Polewali Mandar BT - Proceedings of the 6th Batusangkar International Conference (BIC 2021). https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.11-10-2021.2319479

Anas, M. A. (2024). Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Budaya Adiwiyata di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Umbulsari Jember [UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember]. https://digilib.uinkhas.ac.id/36216/

Arifin, B., Imron, A., Supriyanto, A., & Arifin, I. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya pada Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lobar. Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2(4). https://prin.or.id/index.php/cendikia/article/view/452

Faizah, S. N. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Religius. Journal of Education and Contemporary Linguistics. https://journal.alifba.id/index.php/jcl/article/view/97

Feriyanti, Y. G., Rukhmana, T., Romadhianti, R., Salwa, A., Nafisah, D., & Al Haddar, G. (2024). Implementasi Pendidikan Berkarakter yang Berorientasi Nilai-Nilai Moral. Journal on Education, 6(2). https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5231

Hamzah, H. (2019). Learning Strategies for Arabic Grammar in Understanding the Heritage Books at Allo Biqar Pambusuang Foundation, Polewali Mandar, West Sulawesi [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/15623/

Hamzah, H., Fattah, A., & Khaira, B. (2022). Students’ Responses and Perceptions in Learning Strategy of Ilmu al-Badi Based on Mind Maps. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 14(2), 513–533. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/article/view/14275

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2024). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications. https://www.metodos.work/wp-content/uploads/2024/01/Qualitative-Data-Analysis.pdf

Moleong, L. J. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. https://eprints.ums.ac.id/29808/16/DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Qomaruddin, & Sa’diyah, H. (2023). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik, 4(2), 126–138. https://pub.nuris.ac.id/journal/jomaa/article/view/93

Saputra, H., Cholidi, C., & Adil, M. (2023). Islamic Acculturation and Local Culture (The Symbolism of the Community Life Cycle Ceremony Lampung Pepadun). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/3455

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. https://digi-lib.stekom.ac.id/assets/dokumen/ebook/feb_35efe6a47227d6031a75569c2f3f39d44fe2db43_1652079047.pdf

Suhra, S., & Rosita, R. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Ritual Maddoja Bine pada Komunitas Masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan. Jurnal Al-Qalam. https://www.jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/article/view/883

Zulkarnaen, M. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Era Milenial. Al Ma’arief: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 4(1). https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/ALMAARIEF/article/view/2518

Diterbitkan

2025-10-06