Pendidikan Nilai dalam Kearifan Lokal: Studi Kasus Tradisi Ma’buang Awu di Dusun Waruwue Kabupaten Barru
Kata Kunci:
Ma’buang Awu, Pendidikan Islam, Kearifan LokalAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengungkap nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi Ma’buang Awu di Dusun Waruwue, Kabupaten Barru. Tradisi ini merupakan bentuk ungkapan syukur atas kelahiran anak yang diwariskan secara turun-temurun dan sarat dengan nilai spiritual serta sosial. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi Ma’buang Awu mengandung nilai keimanan, akhlak, dan sosial seperti rasa syukur, keikhlasan, gotong royong, dan kebersamaan. Nilai-nilai tersebut berperan penting dalam pembentukan karakter religius dan sosial masyarakat. Meskipun terdapat pergeseran praktik akibat pengaruh modernisasi dan pemahaman syariat, tradisi ini tetap relevan sebagai media pendidikan Islam berbasis kearifan lokal yang harmonis antara adat dan agama.
Unduhan
Referensi
Afiah, N. (2022). Students’ Reflective Thinking on Teachers’ Feedback at Ma’had Al Jamiah Program in IAI DDI Polewali Mandar BT - Proceedings of the 6th Batusangkar International Conference (BIC 2021). https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.11-10-2021.2319479
Anas, M. A. (2024). Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Budaya Adiwiyata di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Umbulsari Jember [UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember]. https://digilib.uinkhas.ac.id/36216/
Arifin, B., Imron, A., Supriyanto, A., & Arifin, I. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya pada Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lobar. Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2(4). https://prin.or.id/index.php/cendikia/article/view/452
Faizah, S. N. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Religius. Journal of Education and Contemporary Linguistics. https://journal.alifba.id/index.php/jcl/article/view/97
Feriyanti, Y. G., Rukhmana, T., Romadhianti, R., Salwa, A., Nafisah, D., & Al Haddar, G. (2024). Implementasi Pendidikan Berkarakter yang Berorientasi Nilai-Nilai Moral. Journal on Education, 6(2). https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5231
Hamzah, H. (2019). Learning Strategies for Arabic Grammar in Understanding the Heritage Books at Allo Biqar Pambusuang Foundation, Polewali Mandar, West Sulawesi [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/15623/
Hamzah, H., Fattah, A., & Khaira, B. (2022). Students’ Responses and Perceptions in Learning Strategy of Ilmu al-Badi Based on Mind Maps. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 14(2), 513–533. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/article/view/14275
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2024). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications. https://www.metodos.work/wp-content/uploads/2024/01/Qualitative-Data-Analysis.pdf
Moleong, L. J. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. https://eprints.ums.ac.id/29808/16/DAFTAR_PUSTAKA_.pdf
Qomaruddin, & Sa’diyah, H. (2023). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik, 4(2), 126–138. https://pub.nuris.ac.id/journal/jomaa/article/view/93
Saputra, H., Cholidi, C., & Adil, M. (2023). Islamic Acculturation and Local Culture (The Symbolism of the Community Life Cycle Ceremony Lampung Pepadun). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/3455
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. https://digi-lib.stekom.ac.id/assets/dokumen/ebook/feb_35efe6a47227d6031a75569c2f3f39d44fe2db43_1652079047.pdf
Suhra, S., & Rosita, R. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Ritual Maddoja Bine pada Komunitas Masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan. Jurnal Al-Qalam. https://www.jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/article/view/883
Zulkarnaen, M. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Era Milenial. Al Ma’arief: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 4(1). https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/ALMAARIEF/article/view/2518
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 ISTI UCI , MUHAMMAD SHALEH , RUSMAN , IMRAN SAPUTRA (Author)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





