Pembelajaran Tematik Terpadu sebagai Upaya Guru Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah
Keywords:
Evaluator, guru, motivator, pembelajaran tematik terpaduAbstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas IV melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu di MI DDI Lalabata. Masalah utama yang diangkat adalah rendahnya minat belajar siswa, yang berdampak pada pencapaian hasil belajar yang kurang optimal. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan model interaktif Miles & Huberman. Hasil temuan menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting sebagai fasilitator, motivator, dan evaluator. Guru membangun suasana belajar yang menyenangkan, memberi motivasi melalui penghargaan dan kompetisi sehat, serta melakukan penilaian menyeluruh terhadap proses dan hasil belajar siswa. Keseluruhan temuan ini menegaskan pentingnya strategi pengajaran yang tepat dalam membangkitkan minat belajar secara berkelanjutan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pembelajaran tematik berbasis kontekstual di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.
Downloads
References
Amalia, G., & Maknun, L. (2023). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa madrasah ibtidaiyah/sekolah dasar. Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2). https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/465
Amelia, N. D., Hilyana, F. S., & Santoso. (2022). Peran guru dalam menumbuhkan minat belajar PPKn siswa sekolah dasar. Educatio: Jurnal Pendidikan, 7(3). https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/2957
Andini, M., Sinulingga, A., Agustina, F., Ayuningtias, N., Aslamiah, & Pratiwi, D. A. (2023). Analisis tantangan guru dalam implementasi pembelajaran tematik di SDN Terapu Banjarmasin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/23269
Daulatullail, F., Muharam, A., & Iskandar, S. (2021). Analisis minat belajar siswa pada pembelajaran daring di sekolah dasar (Studi kasus pembelajaran daring di kelas III SDN 1 Munjuljaya Kec. Purwakarta). Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. https://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/2102
Djawaria, P. Y., Kugu, Y. P., & Gelu, A. (2023). Implementasi pembelajaran tematik pada siswa kelas awal di sekolah dasar. Jurnal Citra Pendidikan. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/view/2151
Fajari, L. E. W., Umalihayati, Novita, E., Harrin, U. D. S., Putri, V. B., & Almalia. (2023). Analisis tentang jenis kesulitan belajar di tingkat sekolah dasar: Sebuah metode kualitatif studi kasus. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/93419
Kaharuddin, Hajar, S., Marwan, A., Surti, & Amna, N. (2022). Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital di MTS Mattirowalie Kabupaten Bulukumba. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/ej/article/view/2830
Khairiyati, N. D., & dkk. (2020). Efektivitas pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 3 Al Furqan Banjarmasin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/20944
Nurcahyani, R. M., Utaminingsih, S., & Ismaya, E. A. (2022). Analisis pembelajaran tematik kelas IV pada pembelajaran tatap muka di sekolah dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://www.edukatif.org/edukatif/article/view/3210
Pramudya, P. A., & Safrul. (2022). Analisis model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap minat belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3749
Wandini, R. R., Lbs, J. F., Azzuhro, M., Bahri, M. F. C., & Sima, S. (2021). Model pembelajaran tematik di sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(2). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5005
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MUHAMMAD SHALEH , MUHAIMIN, RUSMAN , SRI RAHAYU (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





