Pembelajaran Tematik Terpadu sebagai Upaya Guru Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Penulis

  • MUHAMMAD SHALEH Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis
  • MUHAIMIN Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis
  • RUSMAN Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis
  • SRI RAHAYU Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis

Kata Kunci:

Evaluator, guru, motivator, pembelajaran tematik terpadu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas IV melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu di MI DDI Lalabata. Masalah utama yang diangkat adalah rendahnya minat belajar siswa, yang berdampak pada pencapaian hasil belajar yang kurang optimal. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan model interaktif Miles & Huberman. Hasil temuan menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting sebagai fasilitator, motivator, dan evaluator. Guru membangun suasana belajar yang menyenangkan, memberi motivasi melalui penghargaan dan kompetisi sehat, serta melakukan penilaian menyeluruh terhadap proses dan hasil belajar siswa. Keseluruhan temuan ini menegaskan pentingnya strategi pengajaran yang tepat dalam membangkitkan minat belajar secara berkelanjutan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pembelajaran tematik berbasis kontekstual di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Amalia, G., & Maknun, L. (2023). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa madrasah ibtidaiyah/sekolah dasar. Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2). https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/465

Amelia, N. D., Hilyana, F. S., & Santoso. (2022). Peran guru dalam menumbuhkan minat belajar PPKn siswa sekolah dasar. Educatio: Jurnal Pendidikan, 7(3). https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/2957

Andini, M., Sinulingga, A., Agustina, F., Ayuningtias, N., Aslamiah, & Pratiwi, D. A. (2023). Analisis tantangan guru dalam implementasi pembelajaran tematik di SDN Terapu Banjarmasin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/23269

Daulatullail, F., Muharam, A., & Iskandar, S. (2021). Analisis minat belajar siswa pada pembelajaran daring di sekolah dasar (Studi kasus pembelajaran daring di kelas III SDN 1 Munjuljaya Kec. Purwakarta). Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. https://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/2102

Djawaria, P. Y., Kugu, Y. P., & Gelu, A. (2023). Implementasi pembelajaran tematik pada siswa kelas awal di sekolah dasar. Jurnal Citra Pendidikan. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/view/2151

Fajari, L. E. W., Umalihayati, Novita, E., Harrin, U. D. S., Putri, V. B., & Almalia. (2023). Analisis tentang jenis kesulitan belajar di tingkat sekolah dasar: Sebuah metode kualitatif studi kasus. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/93419

Kaharuddin, Hajar, S., Marwan, A., Surti, & Amna, N. (2022). Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital di MTS Mattirowalie Kabupaten Bulukumba. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/ej/article/view/2830

Khairiyati, N. D., & dkk. (2020). Efektivitas pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 3 Al Furqan Banjarmasin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/20944

Nurcahyani, R. M., Utaminingsih, S., & Ismaya, E. A. (2022). Analisis pembelajaran tematik kelas IV pada pembelajaran tatap muka di sekolah dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://www.edukatif.org/edukatif/article/view/3210

Pramudya, P. A., & Safrul. (2022). Analisis model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap minat belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3749

Wandini, R. R., Lbs, J. F., Azzuhro, M., Bahri, M. F. C., & Sima, S. (2021). Model pembelajaran tematik di sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(2). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5005

Diterbitkan

2025-10-04