Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai Akhlakul Karimah sebagai Fondasi Pendidikan Karakter di MI DDI Watu Kabupaten Barru
Keywords:
Guru Akidah Akhlak, Akhlakul Karimah, pendidikan karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada siswa Madrasah Ibtidaiyah DDI Watu, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif untuk menggambarkan secara mendalam strategi guru dalam pembentukan karakter siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan penting sebagai teladan moral (uswah hasanah) dan pembimbing spiritual melalui metode pembiasaan, keteladanan, nasihat, serta pengawasan yang berkelanjutan. Nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab terinternalisasi melalui interaksi dan kegiatan belajar sehari-hari. Temuan ini menegaskan bahwa pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam efektif dalam membentuk perilaku positif siswa dan dapat menjadi model pengembangan pendidikan karakter di madrasah dasar.
Downloads
References
Amalia, N. F., & Zuhro, D. H. (n.d.). Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Madrasah Ibtidaiyah dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah. Jurnal Basicedu. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2450
Andrean, S., & Muqowim, M. (n.d.). Upaya Guru dalam Membiasakan Karakter melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Ma’arif. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/adzka/article/view/3634
Apriyani, A., Dewi, N. S., Ramadhani, A. P., & Farhurohman, O. (n.d.). Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Akhlakul Karimah melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Ebtida’: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. https://ejournal.uniramalang.ac.id/ebtida/article/view/7150
Asnawati, A. (n.d.). Konsep Manajemen Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Akhlakul Karimah di MTs Raudhatul Islamiyah Kemiri. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/moe/article/view/5435
Chahnia, J., Kustati, M., & Amelia, R. (n.d.). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Jujur dan Tanggung Jawab Siswa. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/sokoguru/article/view/3095
Fadli, M., Mukti, A., & Haidir. (2022). The Strategy for Implanting Character Values in Akidah Akhlak Subjects for Elementary Education Level Students. Journal of Basic Education. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4149
Heldanita, & Suyadi. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Studi Komparasi Pemikiran Thomas Lickona dan Al-Ghazali. International Journal of Islamic Early Childhood Education. https://jurnal.piaud.org/index.php/Ijiece/article/view/100
Hidayatullah, S., Fadhil, M., & Putra, D. (n.d.). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Jujur dan Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan. https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/501
Hub, A. t. R. (2023). What is Purposive Sampling? Explanation, Uses, Pros & Cons. ATLAS.ti Research Hub. https://atlasti.com/research-hub/purposive-sampling
Kakerissa, W. M. (2022). A Descriptive Qualitative Study on Types of Teachers’ Questions in Classroom Interaction. Huele: Journal of Applied Linguistics, Literature and Culture, 1(2). https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/huele/article/view/3879
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.
Lili, D. (n.d.). Upaya Guru PAI Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/513
Lukita, R., & Gushendra, R. (2023). A Descriptive Qualitative on Teachers’ Strategies in Teaching Listening Comprehension. Indonesian Journal of Integrated English Language Teaching, 6(2). https://dev-ojs.uin-suska.ac.id/index.php/IJIELT/article/view/12302
Marlin, G. (2023). Qualitative Descriptive Research: Integrating Inquiry-Based Learning into Elementary School English Instruction. Getsempena English Education Journal. https://ejournal.bbg.ac.id/geej/article/view/2700
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). Sage Publications.
Musfirah, A. M. R., Silahuddin, S., & Zulfatmi, Z. (n.d.). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Peserta Didik di MTsN 4 Aceh Besar. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/20789
Naseh, A. H., & Khofifah, N. (n.d.). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlakul Karimah di Masa Pandemi Covid-19. SUKMA: Jurnal Pendidikan. https://www.jurnal.sukmabangsa.sch.id/index.php/sukma/article/view/05203.2021
Putra, J., & Saputri, R. Y. (2021). The Role of Akidah Akhlak Teachers in Fostering Students’ Good Character in MTs Negeri 1 Tanjungkarang. Idaroh: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan Islam. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/11699
Wiljaksana, S. H., & Yaenuri, A. A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kepribadian Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Dirasat Islamiyya: Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan. https://dirasaislamiyya.stai-alazhary-cianjur.ac.id/index.php/dijis/article/view/117
Zakaria, Z., & Sahibudin, M. (n.d.). Implementasi Karakter Moral dalam Membentuk Akhlakul Karimah bagi Peserta Didik SDN Tegalsari II Cilamaya Wetan Karawang. Al-Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman. https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1337
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 BURHANUDDIN , MUHAEMIN , ISMAIL HANNANONG , AERUL AKHADRI (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





