Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai Akhlakul Karimah sebagai Fondasi Pendidikan Karakter di MI DDI Watu Kabupaten Barru

Penulis

  • Burhanuddin STAI Al Gazali Barru Penulis
  • MUHAEMIN Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis
  • ISMAIL HANNANONG Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Penulis
  • AERUL AKHADRI Sekolah Tinggi Agama Islam Al Gazali Barru Penulis

Kata Kunci:

Guru Akidah Akhlak, Akhlakul Karimah, pendidikan karakter

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada siswa Madrasah Ibtidaiyah DDI Watu, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif untuk menggambarkan secara mendalam strategi guru dalam pembentukan karakter siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan penting sebagai teladan moral (uswah hasanah) dan pembimbing spiritual melalui metode pembiasaan, keteladanan, nasihat, serta pengawasan yang berkelanjutan. Nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab terinternalisasi melalui interaksi dan kegiatan belajar sehari-hari. Temuan ini menegaskan bahwa pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam efektif dalam membentuk perilaku positif siswa dan dapat menjadi model pengembangan pendidikan karakter di madrasah dasar.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Amalia, N. F., & Zuhro, D. H. (n.d.). Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Madrasah Ibtidaiyah dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah. Jurnal Basicedu. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2450

Andrean, S., & Muqowim, M. (n.d.). Upaya Guru dalam Membiasakan Karakter melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Ma’arif. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/adzka/article/view/3634

Apriyani, A., Dewi, N. S., Ramadhani, A. P., & Farhurohman, O. (n.d.). Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Akhlakul Karimah melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Ebtida’: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. https://ejournal.uniramalang.ac.id/ebtida/article/view/7150

Asnawati, A. (n.d.). Konsep Manajemen Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Akhlakul Karimah di MTs Raudhatul Islamiyah Kemiri. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/moe/article/view/5435

Chahnia, J., Kustati, M., & Amelia, R. (n.d.). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Jujur dan Tanggung Jawab Siswa. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/sokoguru/article/view/3095

Fadli, M., Mukti, A., & Haidir. (2022). The Strategy for Implanting Character Values in Akidah Akhlak Subjects for Elementary Education Level Students. Journal of Basic Education. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4149

Heldanita, & Suyadi. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Studi Komparasi Pemikiran Thomas Lickona dan Al-Ghazali. International Journal of Islamic Early Childhood Education. https://jurnal.piaud.org/index.php/Ijiece/article/view/100

Hidayatullah, S., Fadhil, M., & Putra, D. (n.d.). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Jujur dan Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan. https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/501

Hub, A. t. R. (2023). What is Purposive Sampling? Explanation, Uses, Pros & Cons. ATLAS.ti Research Hub. https://atlasti.com/research-hub/purposive-sampling

Kakerissa, W. M. (2022). A Descriptive Qualitative Study on Types of Teachers’ Questions in Classroom Interaction. Huele: Journal of Applied Linguistics, Literature and Culture, 1(2). https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/huele/article/view/3879

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Lili, D. (n.d.). Upaya Guru PAI Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/513

Lukita, R., & Gushendra, R. (2023). A Descriptive Qualitative on Teachers’ Strategies in Teaching Listening Comprehension. Indonesian Journal of Integrated English Language Teaching, 6(2). https://dev-ojs.uin-suska.ac.id/index.php/IJIELT/article/view/12302

Marlin, G. (2023). Qualitative Descriptive Research: Integrating Inquiry-Based Learning into Elementary School English Instruction. Getsempena English Education Journal. https://ejournal.bbg.ac.id/geej/article/view/2700

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). Sage Publications.

Musfirah, A. M. R., Silahuddin, S., & Zulfatmi, Z. (n.d.). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Peserta Didik di MTsN 4 Aceh Besar. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/20789

Naseh, A. H., & Khofifah, N. (n.d.). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlakul Karimah di Masa Pandemi Covid-19. SUKMA: Jurnal Pendidikan. https://www.jurnal.sukmabangsa.sch.id/index.php/sukma/article/view/05203.2021

Putra, J., & Saputri, R. Y. (2021). The Role of Akidah Akhlak Teachers in Fostering Students’ Good Character in MTs Negeri 1 Tanjungkarang. Idaroh: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan Islam. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/11699

Wiljaksana, S. H., & Yaenuri, A. A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kepribadian Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Dirasat Islamiyya: Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan. https://dirasaislamiyya.stai-alazhary-cianjur.ac.id/index.php/dijis/article/view/117

Zakaria, Z., & Sahibudin, M. (n.d.). Implementasi Karakter Moral dalam Membentuk Akhlakul Karimah bagi Peserta Didik SDN Tegalsari II Cilamaya Wetan Karawang. Al-Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman. https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1337

Diterbitkan

2025-10-06