Penerapan Metode Murottal sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MI DDI Banga-Banga
Kata Kunci:
Literasi Al-Qur’an, Metode Murottal, Guru FiqihAbstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui penerapan metode murottal di MI DDI Banga-Banga, Kabupaten Barru. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan seorang guru fiqih dan siswa madrasah sebagai partisipan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode murottal memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an, terutama dalam hal ketepatan makhraj, penerapan tajwid, dan kelancaran membaca. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan motivasi dan rasa percaya diri. Guru berperan sebagai fasilitator, motivator, dan pengelola pembelajaran, dengan strategi seperti pengelompokan siswa dan pelibatan orang tua dalam latihan di rumah. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi metode murottal dalam kurikulum literasi Al-Qur’an serta kolaborasi antara guru, sekolah, dan keluarga untuk membentuk generasi yang literat Al-Qur’an.
Unduhan
Referensi
Adawiyah, R., & Haris, N. F. (2024). Pentingnya pendidikan tajwid dalam pembentukan keterampilan membaca Al-Qur’an di kalangan siswa sekolah dasar. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya. https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/article/view/942
Apriyanti, P., & Eliyanto. (2023). Pemahaman ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Falah Sumberadi Kebumen. Jurnal PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam. https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/pai/article/view/1084
Ariyanto, N. (2024). Tujuan mempelajari ilmu tajwid untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/1877
Azmi, A. (2024). Implementasi nilai-nilai moderasi beragama pada masyarakat Lombok dan relevansi terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia]. https://repository.upi.edu/123445/4/T_PAI_2217251_Chapter3.pdf
Fauzi, I. (2021). Studi deskriptif kurikulum pendidikan madrasah tsanawiyah Pesantren Persatuan Islam Pajagalan Bandung [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia]. https://repository.upi.edu/61031/4/T_PAI_1701893_Chapter3.pdf
Iswan, I. (2022). Pengaruh metode MURI-Q (Murattal Irama Qur’an) terhadap peningkatan motivasi hafalan siswa di SD Muhammadiyah Bedoyo. Jurnal PGSD. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JPS/article/view/3541
Lisnawati. (2013). Pengaruh penggunaan metode murattal terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Kuok, Kecamatan Bangkinang Barat, Kabupaten Kampar [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. https://repository.uin-suska.ac.id/8284/
Maryamah, Khoiri, & Wasim, A. (2024). Efektivitas murottal Al-Qur’an terhadap hafalan Al-Qur’an Surah Al-Mulk santri TPQ Al-Hidayah Plobangan Selomerto Wonosobo. Jurnal Pendidikan Islam. https://edu.pubmedia.id/index.php/pjpi/article/view/668
Mataram, F. T., & Universitas Islam Negeri Mataram. (n.d.). Metode penelitian dalam penelitian pendidikan Islam anak usia dini. https://123dok.com/id/article/metode-penelitian.9987864
Sa’dijah, C. (2021). Pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an. Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/qiroah/article/view/330
Wibowo, T. S., & Aprilyawan, G. (2024). Effectiveness of listening to the murottal Al-Qur’an with the nagham Bayyati rhythm in improving concentration ability in Fathul Ulum Banyuwangi Madrasah Ibtidaiyah (MI) students. Open Access Health Scientific Journal. https://oahsj.org/index.php/oahsj/article/view/50
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 MUHAMMAD SHALEH , BURHANUDDIN , IMRAN SAPUTRA , AINUL NASMA (Author)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





